fbpx

8 Trend Digital Marketing di Th. 2018 yang Butuh Kamu Ketahui

8 Trend Digital Marketing di Th. 2018 yang Butuh Kamu Ketahui

Digital marketing sebenarnya cukup kompleks, besar serta dinamis. Dengan ramainya pemakaian sosial media serta perubahan tehnologi di ranah digital, taktik pemasaran digital juga turut alami pergantian.

Lalu, seperti apa muka pemasaran digital di th. ini? Kami sudah meringkas delapan trend digital marketing yang diprediksikan bakal makin popular di th. 2018.

Berkomunikasi melalui Stories
Jumlahnya pemakai harian aktif Instagram Stories pada November 2017 lalu tembus angka 300 juta. Berarti, sekitar 60% pemakai Instagram aktif bagikan atau konsumsi content dalam Stories sehari-hari. Jumlahnya itu bahkan juga menaklukkan Snapchat, kompetitornya yang melaunching feature sama lebih dahulu.

Instagram sukses merubah trend sharing pesan dengan ephemeral (pesan yang bakal hilang kurun waktu spesifik) jadi suatu alat yang cukup efisien untuk usaha. Suatu riset mengatakan, satu diantara langkah untuk bikin merk menempel dipikiran follower atau customer yaitu dengan bikin Stories kamu senantiasa eksis di timeline mereka. Begitu, kamu bisa bikin follower mengetahui merk kamu lebih dalam serta bikin mereka terasa dekat. Melalui Stories, kamu dapat bercerita semakin banyak hal perihal merk. Contohnya sistem pembuatan satu product, kesibukan di kantor bersama dengan tim, dibalik monitor pembuatan suatu video promosisi, atau lainnya jadinya. Begitu, kamu bisa bikin follower mengetahui merk kamu lebih dalam serta bikin mereka terasa dekat. Maka, th. ini pekerjaan beberapa pemasar yang aktif di Instagram tidak cuma meyakinkan susunan photo di feed menarik saja, tetapi juga bikin Stories yang atraktif untuk follower.

Panduan :

  • Ajak follower berhubungan. Langkahnya dapat dengan memakai feature polling, memberikan tautan ke website situs kamu, atau mungkin dengan artikel spesifik.
  • Tonjolkan keunikan product atau merk kamu. Follower suka pada inspirasi Stories yang orisinal, spontan, serta tidak sama dari yang lainnya.
  • Buat pesan yang singkat, menarik, serta gampang diolah.
  • Gunakan feature pinned post untuk Stories spesifik yang ingin dipandang semakin banyak oleh follower dalam periode waktu lebih lama.

Dunia dalam Video

Video on-line yaitu satu diantara kanal beriklan yang paling cepat pertumbuhannya. Hal semacam ini menuntut beragam merk membuat content berkwalitas tinggi. Video dengan content paling baik yang dapat mengambil perhatian banyak customer bakal jadi pemenangnya.

Selama th. 2017, 90% content yang diberikan di internet berupa video. Cisco juga memperkirakan jumlahnya ini tetap selalu bertambah di th. 2018. Melalui video, kamu dapat mengemukakan narasi yang menarik, gampang dipahami, serta bikin pesan kamu lebih gampang menempel di fikiran customer. Seputar 64 % customer bahkan juga mengambil keputusan untuk beli satu product sesudah lihat video promosisinya di sosial media. Sertakan follower untuk berhubungan, contohnya dengan beropini atau ajukan pertanyaan di kolom komentar. Untuk membuat content yang dapat menonjol di dalam ramainya content video, kamu butuh mengerti terlebih dulu tingkah laku tujuan atau customer yang akan dituju. Sebagian segi yang butuh kamu kenali diantaranya :

Video apa yang mereka sukai?
Apakah mereka lebih pilih video yang dapat didengarkan walaupun tanpa ada nada, atau mesti bertemura?
Berapakah lama content yang baik buat mereka mengkonsumsi?
Kamu butuh lakukan sebagian trial and error untuk temukan formula yang pas. Maka, yakinkan bila kamu rajin memonitor perform video yang kamu bikin, serta sering-seringlah melakukan eksperimen dengan sebagian inspirasi video yang fresh.

Panduan :

  • Gunakan feature live streaming! Satu diantara “masalah” pemakai sosial media yang dapat kamu buat jadi keuntungan yaitu fear of missing out atau takut ketinggal info. Ajak mereka terasa eksklusif serta maka yang pertama eksis di kesibukan yang kamu kerjakan.
  • Contohnya, dengan bikin video unboxing product baru, session bertanya jawab, peluncuran suatu service, atau acara yang lain yang melibatkan brand kamu. Sertakan juga mereka untuk berhubungan, contohnya dengan beropini atau ajukan pertanyaan di kolom komentar. Janganlah lupa, upayakan video mempunyai kwalitas baik serta kontennya menarik.

Kerjasama dengan influencer
Customer yang berumur muda rata-rata lebih pilih content yang “tidak mengada-ada” serta merasa alami. Content bersponsor yang dikemas dengan soft-selling serta seolah-olah direferensikan oleh influencer kenyataannya dapat dibuktikan cukup efisien.

Tidak sama dengan iklan, influencer dapat mempromokan product dengan autentik serta lebih personal. Mereka memberi kesan-kesan kalau suatu product itu bagus, serta dapat bangun keyakinan dengan follower. Hingga, follower dapat diyakinkan untuk pilih product itu. Jadi tak heran, bila sekarang sebagian merk besar bukan sekedar berbelanja iklan di media konvensional saja. Mereka mulai merambah ke sosial media dengan menggaet beberapa influencer, lantaran pengaruhnya juga semakin besar. Tawaran untuk mempromokan merk yang di terima influencer pada th. ini mungkin saja bukan sekedar didominasi sebagian merk kelas menengah atau brand barusan, namun akan berdatangan dari beragam merk papan atas.

Panduan :

  • Tentukan influencer yang sesuai sama kapabilitas. Bila merk kamu belumlah terlampau besar, kamu dapat pilih influencer dengan jumlahnya follower yang sebagian tengah saja alih-alih yang juta-an.
    Mencari influencer yang searah dengan merk kamu.
  • Contohnya, bila kamu jual rangkaian sehat, janganlah bekerja bersama dengan influencer yang style hidupnya tak sehat meskipun follower mereka banyak.
    Baiknya yakinkan influencer yang kamu tentukan tak tengah dalam ikatan kontrak dengan pesaing.
  • Kamu bisa menyiapkan caption untuk influencer, namun mohon mereka untuk menyesuikan bhs atau langkah penyampaian lewat cara mereka. Bakal canggung bila kamu bekerja bersama dengan sebagian influencer tetapi segalanya membuahkan content yang sama persis.
  • Apabila kamu bingung mencari influencer yang pas, kamu dapat memakai sebagian service yang menghubungkan mereka dengan pihak pengiklan seperti Sociabuzz atau Socialmeter.

Duet big data serta artificial intelligence (AI)
2017 memulai trend pemakaian AI serta big data pada beberapa bidang. Meskipun umumnya tetap dipakai dalam sistem simpel, tetapi hal semacam ini menolong menggeser AI dari pasar yang cukup niche jadi lebih mainstream.

Beberapa perusahaan besar pada th. 2018 diperkirakan bakal tingkatkan investasi di ranah AI. Diluar itu, beragam tehnologi yang memakai data akan jadi lebih masak sekali lagi.

Sekarang customer menyumbangkan data yang berlimpah dari beragam kanal. Kamu dapat juga menghimpun data melalui beragam langkah. Pekerjaan AI yaitu memproses info berbentuk sangatlah besar serta kompleks secara cepat. Karena automasi yang dipunyai AI, pemasar dapat lebih leluasa dalam mempelajari tingkah laku customer, mencari langkah untuk membuat content yang efisien, bahkan juga bikin customer journey yang lebih personal. Makin ramainya adopsi ke-2 tehnologi ini dalam beragam ranah, dapat memperketat pertandingan dalam menarik customer. Terutama, sekarang ini customer inginkan content yang betul-betul sesuai sama serta memberi kesan-kesan lebih personal.

Panduan :

  • Janganlah cuma memakai data untuk memvalidasi suatu kampanye yang telah melalui. Buat jadi data jadi ide, dimana kamu dapat pelajari customer serta memprediksi kampanye-kampanye pemasaran seperti apa yang bakal kamu eksekusi di waktu mendatang.
  • Gunakan juga sebagian penyedia service yang bisa menolong kamu memproses data dalam lakukan digital marketing, seperti Albert, Automated Insights, InMotion, atau Ivosights.

Naikkan engagement melalui chatbot
Service customer yang baik bakal bikin keyakinan seorang pada brand bertambah. Imbasnya, orang bakal setia pada product atau service kamu, bahkan juga merekomendasikannya ke orang lainnya.

Chatbot di desain untuk mensupport customer service, serta dapat memberi info kurun waktu singkat. Saat customer memerlukan akses instan pada info product atau mengemukakan komplain, chatbot dapat mengakomodasi hal itu.

Customer inginkan tanggapan yang cepat.

Pada th. 2018 ini, kita bakal lihat semakin banyak pemakaian chatbot untuk automasi pemasaran. Bahkan juga, semakin lebih banyak sekali lagi industri yang memakai chatbot untuk mengatasi transaksi yang cukup kompleks. Customer inginkan tanggapan yang cepat, maka telah waktunya kamu mulai melirik service yang satu ini.

Perusahaan besar seperti Amazon bahkan juga telah mulai membuat service chatbot untuk mempermudah komunikasi pada mitra B2C Amazon dengan customer mereka. Suatu riset juga mengatakan, kehadiran chatbot bisa tingkatkan engagement dengan customer, serta tingkatkan prosentase jumlahnya orang yang buka info perihal satu kampanye promosisi sebesar delapan puluh %.

Panduan :

  • Buat tanggapan bot senatural mungkin saja, sampai pemakai terasa seperti tengah bicara dengan manusia.
    Buat bot yang minim bug, dapat memberi tanggapan cepat, bekerja di beberapa piranti, serta dapat memberi pertolongan yang sama untuk pemakai.
  • Chatbot yang baik yaitu yang bisa memberi pemakai referensi serta mempersingkat sistem pembelian.
    Sebagian basis chatbot yang dapat kamu lihat diantaranya Facebook Messenger Basis, Kata. ai, Telegram Bot Platform

Voice search mulai disukai

Google mengatakan 41 % orang dewasa serta 55 % remaja yaitu pemakai feature voice search. Berarti, mereka bukan sekedar lakukan penelusuran dengan mengetik keyword, namun memakai perintah nada.

Mulai sejak feature voice search dalam bhs Indonesia dikenalkan Google pada th. 2015, mereka menyebutkan kalau perkembangan pemakai di Indonesia lebih tinggi lima puluh % diatas angka perkembangan global.

Voice Search memberi hubungan dengan mesin yang lebih natural

Sekarang ini customer mulai punya kebiasaan dengan interface yg tidak membutuhkan input dengan fisik. Voice Search memberi hubungan dengan mesin yang lebih alami, melalui perintah yang seperti pembicaraan umum.

Voice search juga bikin sistem penelusuran lebih cepat. Pada sebuah menit, manusia dapat bicara sampai 150 kata, namun cuma dapat mengetik 40 kata. Feature ini dapat mempermudah akses waktu customer tengah mengemudi.

Pastinya ini bakal merubah langkah pemasar untuk berhubungan dengan customer. Kamu butuh bikin content yang bisa memberi hasil khusus dari keyword penelusuran nada yang dimasukkan oleh customer.

Panduan :

Buat content dengan susunan kata yang alami serta merasa seperti bhs pembicaraan. Ini bakal mempermudah mesin-pencari untuk sesuaikan konteks yang tercantum pada halaman atau artikel dengan query dari pemakai.
Gunakan long-tail kata kunci (keyword). Long tail kata kunci (keyword) yaitu keyword yang diisi sampai empat kata, serta membuat frase perihal tema yang lebih khusus. Keyword type ini umumnya dipakai oleh pemakai waktu mereka tengah ada dekat titik pembelian atau saat memakai penelusuran nada.

Augmented Reality bukanlah cuma gimmick


Dibanding dengan VR atau virtual reality, AR condong lebih cepat diadopsi. Satu diantara argumennya yaitu akses AR lebih gampang lantaran tak membutuhkan headset seperti VR. Pemakaian AR juga memberi langkah yang unik serta engaging untuk pemasar dalam mencapai tujuan, lantaran cepat, gampang, serta interaktif.

Satu diantara langkah untuk memberi user experience yang mengasyikkan serta mempersingkat sistem pengambilan ketentuan.

Satu diantara contoh merk yang memakai AR dengan baik yaitu IKEA. Peritel perlengkapan rumah tangga asal Swedia ini meluncurkan aplikasi IKEA Place. Disini, AR tidak cuma gimmick pemanis merk, namun juga dapat menolong calon konsumen memastikan pilihan furniture yang sesuai sama untuk tempat tinggalnya.

Ini dapat jadi satu diantara langkah untuk memberi user experience yang mengasyikkan serta mempersingkat sistem pengambilan ketentuan oleh customer. Mereka dapat tahu lebih dahulu apakah furniture pas serta muat didalam rumah mereka saat sebelum beli, maka tak perlu sekali lagi cemas salah ukuran serta mesti mengembalikannya.

Panduan :

Untuk mengintegrasikan AR dengan pengalaman berbelanja, mengerti serta fikirkan dengan baik skenario untuk bikin hubungan tujuan kamu bisa jalan dengan maksimal. AR tidak cuma jadi suatu hal yang nice to have, namun bisa menolong atau mempermudah tujuan kamu serta memberi pengalaman yang mengasyikkan.

Sebagian perusahaan yang dapat membantumu bikin feature AR diantaranya AR&Co, Augment, serta Monitor.

Memakai celah dalam micro-moment

Micro-moment yaitu suatu fragmen yang sarat arti dalam sistem perjalanan customer. Fragmen ini bisa merubah customer untuk memutuskan dalam jendela waktu yang sangatlah singkat.

Peristiwa ini berlangsung saat seorang dengan refleks berpindah ke piranti mobile semasing untuk mencari tahu, melihat, atau beli suatu hal. Google mengatakan kalau 82 % yang memiliki smartphone memakai piranti mereka waktu membutuhkan referensi saat sebelum beli saat belanja. Satu dari sepuluh pemakai itu pada akhirnya beli product yang tidak sama dari gagasan awal mereka.

Yang memiliki smartphone memakai piranti mereka waktu membutuhkan referensi.

Think with Google mengatakan kalau sehari-harinya, rata-rata customer menjumpai seputar 150 type micro-moment. Salah satunya yaitu purchase event, research event, serta discovery event.

Peristiwa itu kadang konsentrasi pada sistem penelitian atau perbandingan product, sesaat yang lain lebih ke arah ke pembelian serta mesti di dukung dengan tawaran menarik serta sistem transaksi yang lancar.

Jadi brand, kamu dapat memakai micro-moment untuk tingkatkan perform pemasaran dalam mesin-pencari. Dengan ada dalam micro-moment serta memberi suatu hal yang bermanfaat untuk customer, kamu dapat membuatnya alat untuk tingkatkan engagement serta ROI (return on investment).

Panduan :

Buat hubungan yang singkat, jelas, serta dapat memberi faedah untuk customer waktu mereka tengah mencari info atau lakukan penelusuran. Ini lebih efisien dalam tingkatkan pembelian, memperoleh lead, serta memberi brand sentiment yang positif.

Tiap-tiap tahunnya, senantiasa ada hal baru yang dapat dieksplorasi oleh beberapa pemasar. Hal semacam ini sebenarnya dapat jadi pedang bermata dua. Jika pemain di ranah digital marketing tak hati-hati, pemakai mungkin saja terserang serangan gempuran iklan alih-alih memperoleh pengalaman komunikasi merk yang mengasyikkan.

Maka, baiknya senantiasa tempatkan diri jadi pemakai saat sebelum mulai memperlancar taktik pemasaran supaya kamu dapat memikirkan semua peluang serta konsekwensi yang bakal dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *